RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK N I
Kabanjahe
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas/
Semester : XI/4
Standart Kompetensi : Menerapkan
Konsep Barisan Dan Deret Dalam Pemecahan Masalah
Kode
Kompetensi : 7
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi
pola, barisan dan deret bilangan
Indikator :
1. Pola
bilangan barisan, dan deret diidentifikasi berdasarkan ciri-cirinya.
2. Notasi
sigma digunakan untuk menyederhanakan suatu deret.
3. Suku
ke-n dari barisan bilangan dihitung.
Alokasi
Waktu : 10 jampel
Pertemuan
Ke : 1,2,3,4,5.
A. Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menemukan
rumus umum suku ke-n dari sembarang barisan.
2.
Siswa dapat menghitung
suku ke-n dari barisan bilangan.
3.
Siswa dapat menghitung
jumlah n suku pertama dari sembarang deret bilangan
B. Materi
Pokok Pembelajaran
1.
Pola bilangan barisan
dan deret.
2.
Notasi Sigma
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, Tanya-jawab, tugas individu.
D. Model
PembelajaranModel yang digunakan adalah
Student Team Achievment Division (STAD).
E. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran
· Pertemuan Pertama
a. Kegiatan
Awal
1. Salam
Pembuka.
b. Kegiatan
Inti
1.
Guru menerangkan pola
bilangan, barisan, dan deret
Urutan
bilangan 1, 2, 3, 4, 5, .... Urutan bilangan ini kita kenal dengan bilangan
asli. Urutan-urutan bilangan yang lain misalnya, urutan bilangan ganjil atau
genap, bilangan kelipatan, bilangan kuadrat, dan sebagainya. Urutan-urutan
bilangan tersebut memiliki aturan tersendiri, sehingga dapat membuat untaian
bilangan yang bermakna atau dikenal sebagai barisan
bilangan. Sedangkan cara menetapkan aturan atau ketentuan-ketentuan
tertentu, sehingga dapat membentuk suatu barisan bilangan dinamakan dengan pola bilangan.
c. Kegiatan
Akhir
1.
Guru membuat post test
secara tertulis.
2.
Guru dan siswa
sama-sama memeriksa hasil kerja siswa.
3.
Guru memberi materi pada
siswa untuk persiapan materi selanjutnya.
·
Pertemuan
Kedua
a. Kegiatan
Awal
1. Guru
menanyakan materi sebelumnya.
b. Kegiatan Inti
1.
Guru menunjukkan pola
bilangan dari suatu barisan dan deret.
Contoh:
a. 1,
3, 5, 7, ...adalah barisan bilangan yang terbentuk berdasarkan aturan atau pola
“ setiap bilangan berikut dari barisan itu diperoleh dengan menambahkan 2”
b. 2,
4, 6, ...adalah barisan bilangan yang terbentuk berdasarkan aturan atau pola “
setiap bilangan berikut dari barisan itu diperoleh dengan mengalikan 2”.
c. 1,
2, 4, 7, 11, ...adalah barisan bilangan yang terbentuk berdasarkan aturan atau
pola “: setiap bilangan berikut dari barisan itu diperoleh dengan manambahkan
bilangan asli berurutan 1, 2, 3, 4,...”.
c.Kegiatan
Akhir
1.
Membuat post test secara tertulis.
2.
Guru dan siswa sama-sama mengoreksi hasil kerja siswa.
3.
Guru mengambil nilai dari hasil kerja sisiwa.
4.
Guru memberikan PR kepada siswa.
· Pertemuan Ketiga
a.
Kegiatan Awal
1.
Salam Pembuka
2.
Tanya-jawab mengenai materi sebelumnya.
b.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan barisan bilangan.
Barisan
bilangan atau disebut barisan saja. Setiap bilangan dari suatu barisan disebut
suku yang disimbolkan dengan U. Bentuk umum sebuah barisan dapat ditulis:
= suku ke-n
2. Guru memberikan contoh soal untuk lebih menjelaskan barisan bilangan.
3. Guru memberikan soal sebagai bahan latihan siswa.
- Kegiatan
Akhir
1. Guru
membuat post test secara tertulis.
2. Guru
dan siswa sama-sama memeriksa hasil kerja siswa.
3. Guru
mengambil nilai dari hasil kerja siswa tersebut.
4. Guru
memberi materi pada siswa untuk persiapan materi selanjutnya.
· Pertemuan Keempat
a.
Kegiatan Awal
1.
Salam Pembuka
2.
Tanya-jawab mengenai materi sebelumnya.
b.
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan Deret.
Jumlah
suku-suku pada barisan hingga n suku pertama dinyatakan dengan . Misalnya, jumlah 5 suku pertama ditulis .
2. Guru memberikan contoh soal untuk lebih menjelaskan deret.
3. Guru memberikan soal sebagai bahan latihan siswa.
c.
Kegiatan Akhir
1. Guru
membuat post test secara tertulis.
2. Guru
dan siswa sama-sama memeriksa hasil kerja siswa.
3. Guru
mengambil nilai dari hasil kerja siswa tersebut.
4. Guru
memberi materi pada siswa untuk persiapan materi selanjutnya.
·
Pertemuan
Kelima
.
Kegiatan Awal
1.
Salam Pembuka
2.
Tanya-jawab mengenai materi sebelumnya.
b.
Kegiatan Inti
1.
Guru menjelaskan cara menuliskan suatu deret dengan notasi sigma.
Sifat- sifat notasi sigma :
a)
b)
c. konstanta
c)
c. Konstanta
d)
e)
dengan
1<m<n
f)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar